4. Melihat Perilaku Konsumen
Pembeli (konsumen) sangat dipengaruhi oleh factor-faktor kebudayaan,
sosial, pribadi dan psikologis.
Strategi pemasaran biasanya tidak melupakan peranan opinion leadership.
Kadang-kadang mereka memang bukan individu yang memiliki otoritas formal.Tetapi
Karena keahliannya, kearifannya atau mungkin karismanya mereka jadi sangat
dipercaya oleh masyarakat lingkungannya untuk memberi nasihat-nasihat tentang
pemecahan suatu masalah.
Keberhasilan suatu produk ditentukan oleh citra (image) yang positif dari
konsumen (pemakai). Bila citra sebuah produk sudah tertanam, konsumen akan
mengalami ketergantungan yang sangat kuat akan produk tersebut. Oleh sebab itu,
bila ekspansi pasar telah dilakukan, harus segera dilakukan juga penelitian
(action research) untuk mengetahui poisisi produk dalam format citra dalam
masyarakat.
5.
Menentukan Strategi Komunikasi yang
tepat
Strategi komunikasi yang digunakan dalam kegiatan
bisnis mempunyai tujuan memberikan informasi yang tepat agar komunikasi
memperoleh gambaran yang benar terhadap produk yang ada, komunikasi juga
dimaksudkan untuk menghindari efek-efek psikologis yang dapat memunculkan
prasangka-prasangka buruk.
Komunikasi seringkali diberi makna terlalu sederhana.
Komunikasi sesungguhnya merupakan salah satu cara yang dapat dipergunakan oleh
setiap orang untuk mencapai suatu consensus, sehingga memperoleh apa yang
diinginkannya.
Namun demikian, perlu ditegaskan juga bahwa komunikasi semacam itu baru merupan manifestasi dari naluri. Artinya setiap orang dapat melakukannya tanpa melalui proses belajar dan berlatih terlebih dahulu. Dengan adanya modernisasi teknologi di pelbagai bidang telah membuat manusia menciptakan alat-alat untuk mencapai keberhasilan komunikasi.
Namun demikian, perlu ditegaskan juga bahwa komunikasi semacam itu baru merupan manifestasi dari naluri. Artinya setiap orang dapat melakukannya tanpa melalui proses belajar dan berlatih terlebih dahulu. Dengan adanya modernisasi teknologi di pelbagai bidang telah membuat manusia menciptakan alat-alat untuk mencapai keberhasilan komunikasi.
Beberapa hambatan komunikasi :
1.
Bahasa
(semantic)
2.
Kebisingan
(noise factor)
3.
Teknik
(technical factor)
4.
Ketidaksamaan ruang lingkup pengalaman (field of
experience)
5.
Ketidaksamaan
pengetahuan (frame of reference)
Syarat-syarat agar supaya komunikasi menjadi efektif adalah :
1.
Menciptakan
suasana komunikasi yang menguntungkan
2.
Menggunakan
bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti
3.
Pesan yang
disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan
4.
Pesan dapat
menggugah kepentingan di pihak komunikan yang dapat menguntungkan
5.
Pesan dapat
menumbuhkan suatu penghargaa atau reward di pihak komunikan.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar