Kamis, 29 Maret 2018

Keuntungan menjadi Komunikator Dunia Bisnis 2


4.      Melihat Perilaku Konsumen
Pembeli (konsumen) sangat dipengaruhi oleh factor-faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis.
Strategi pemasaran biasanya tidak melupakan peranan opinion leadership. Kadang-kadang mereka memang bukan individu yang memiliki otoritas formal.Tetapi Karena keahliannya, kearifannya atau mungkin karismanya mereka jadi sangat dipercaya oleh masyarakat lingkungannya untuk memberi nasihat-nasihat tentang pemecahan suatu masalah.
Keberhasilan suatu produk ditentukan oleh citra (image) yang positif dari konsumen (pemakai). Bila citra sebuah produk sudah tertanam, konsumen akan mengalami ketergantungan yang sangat kuat akan produk tersebut. Oleh sebab itu, bila ekspansi pasar telah dilakukan, harus segera dilakukan juga penelitian (action research) untuk mengetahui poisisi produk dalam format citra dalam masyarakat.
5.     Menentukan Strategi Komunikasi yang tepat
Strategi komunikasi yang digunakan dalam kegiatan bisnis mempunyai tujuan memberikan informasi yang tepat agar komunikasi memperoleh gambaran yang benar terhadap produk yang ada, komunikasi juga dimaksudkan untuk menghindari efek-efek psikologis yang dapat memunculkan prasangka-prasangka buruk.
Komunikasi seringkali diberi makna terlalu sederhana. Komunikasi sesungguhnya merupakan salah satu cara yang dapat dipergunakan oleh setiap orang untuk mencapai suatu consensus, sehingga memperoleh apa yang diinginkannya.
Namun demikian, perlu ditegaskan juga bahwa komunikasi semacam itu baru merupan manifestasi dari naluri. Artinya setiap orang dapat melakukannya tanpa melalui proses belajar dan berlatih terlebih dahulu. Dengan adanya modernisasi teknologi di pelbagai bidang telah membuat manusia menciptakan alat-alat untuk mencapai keberhasilan komunikasi.
            Beberapa hambatan komunikasi :
1.       Bahasa (semantic)
2.       Kebisingan (noise factor)
3.       Teknik (technical factor)
4.      Ketidaksamaan ruang lingkup pengalaman (field of experience)
5.       Ketidaksamaan pengetahuan (frame of reference)
Syarat-syarat agar supaya komunikasi menjadi efektif adalah :
1.       Menciptakan suasana komunikasi yang menguntungkan
2.       Menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti
3.       Pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan
4.       Pesan dapat menggugah kepentingan di pihak komunikan yang dapat menguntungkan
5.       Pesan dapat menumbuhkan suatu penghargaa atau reward di pihak komunikan.

Sumber



Tidak ada komentar:

Posting Komentar