Kamis, 29 Maret 2018

Latar Belakang dan Peranan Komunikasi dalam Dunia Bisnis 1


Latar Belakang Penyelenggaraan Komunikasi Bisnis
Dalam dunia bisnis, baik perusahaan kecil, sedang, dan besar orang-orang yang ada dalam organisasi bisnis tidak dapat terlepas dari kegiatan komunikasi. Oleh karenanya, komunikasi merupakan faktor sangat penting bagi pencapaian tujuan suatu organisasi. Berhasil tidaknya didalam pencapaian tujuan dari sekelompok orang sangat ditentukan oleh adanya komunikasi yang baik diantara mereka maupun mereka dengan pihak diluar organisasi mereka. Mereka dapat menggunakan berbagai media komunikasi yang ada, baik dengan media tradisional maupun media modern sebagai sarana penyampaian pesan-pesan bisnis. Konteks pemakaian media tradisional ataupun modern biasanya tergantung dari besar kecilnya perusahaan, semakin perusahaan itu besar yang tentunya memiliki urusan yang lebih kompleks maka media komunikasi modern akan lebih memperlancar pekerjaan mereka. Dalam hal ini “Komunikasi bisnis dapat diartikan adanya pertukaran ide, informasi, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersial dan komunikasi yang terjadi dapat mencakup berbagai bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal”.
Dalam dunia bisnis, seorang komunikator yang baik harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, disamping itu tentu saja ia juga harus mampu menggunakan berbagai macam alat atau media komunikasi (baik yang modern maupun yang kurang modern sesuai dengan situasi komunikasi yang terjadi disuatu tempat) yang ada untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain secara efektif dan efesien supaya tujuan penyampaian pesan dapat tercapai.


Konsep Dasar dan Peranan Komunikasi
Pada dasarnya konsep dasar komunikasi itu meliputi :
1.      Proses Komunikasi
Dalam komunikasi secara utuh tentu akan melalui suatu proses dan proses harus mendapatkan suatu gambaran yang paling tidak mendekati kesamaan dari pesan yang akan disampaikan atau dengan kata lain hendaknya persepsi atas pesan itu paling tidak mendekati kesamaan, syukur-syukur bisa sama persis atas pesan itu. Didalam proses komunikasi akan mempunyai alur yang sangat bervariasi.
2.      Elemen-elemen Komunikasi
3.      Motivasi untuk Komunikasi
Peranan komunikasi itu sendiri adalah untuk menciptakan suasana yang benar-benar terjadi pemahaman yang sama dan merangsang pihak lain untuk berfikir atau melakukan sesuatu.

Sumber

Drs. PC. Bambang Herimanto, MM, Drs. FX. Indrojiono, M.Hum.2005. Komunikasi Bisnis.Yogyakarta: Penerbit Amara Books. Cetakan I.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar