Latar Belakang Penyelenggaraan Komunikasi Bisnis
Dalam dunia bisnis, baik perusahaan kecil, sedang, dan besar
orang-orang yang ada dalam organisasi bisnis tidak dapat terlepas dari kegiatan
komunikasi. Oleh karenanya, komunikasi merupakan faktor sangat penting bagi
pencapaian tujuan suatu organisasi. Berhasil tidaknya didalam pencapaian tujuan
dari sekelompok orang sangat ditentukan oleh adanya komunikasi yang baik
diantara mereka maupun mereka dengan pihak diluar organisasi mereka. Mereka
dapat menggunakan berbagai media komunikasi yang ada, baik dengan media
tradisional maupun media modern sebagai sarana penyampaian pesan-pesan bisnis.
Konteks pemakaian media tradisional ataupun modern biasanya tergantung dari
besar kecilnya perusahaan, semakin perusahaan itu besar yang tentunya memiliki
urusan yang lebih kompleks maka media komunikasi modern akan lebih memperlancar
pekerjaan mereka. Dalam hal ini “Komunikasi bisnis dapat diartikan adanya
pertukaran ide, informasi, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian
serangkaian tujuan komersial dan komunikasi yang terjadi dapat mencakup
berbagai bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal”.
Dalam dunia bisnis, seorang komunikator yang baik harus
memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, disamping itu tentu saja ia juga
harus mampu menggunakan berbagai macam alat atau media komunikasi (baik yang
modern maupun yang kurang modern sesuai dengan situasi komunikasi yang terjadi
disuatu tempat) yang ada untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak
lain secara efektif dan efesien supaya tujuan penyampaian pesan dapat tercapai.
Konsep Dasar dan Peranan Komunikasi
Pada
dasarnya konsep dasar komunikasi itu meliputi :
1. Proses Komunikasi
Dalam komunikasi secara utuh tentu akan melalui suatu proses dan proses
harus mendapatkan suatu gambaran yang paling tidak mendekati kesamaan dari
pesan yang akan disampaikan atau dengan kata lain hendaknya persepsi atas pesan
itu paling tidak mendekati kesamaan, syukur-syukur bisa sama persis atas pesan
itu. Didalam proses komunikasi akan mempunyai alur yang sangat bervariasi.
2. Elemen-elemen Komunikasi
3. Motivasi untuk Komunikasi
Peranan komunikasi itu sendiri adalah
untuk menciptakan suasana yang benar-benar terjadi pemahaman yang sama dan
merangsang pihak lain untuk berfikir atau melakukan sesuatu.
Sumber
Drs.
PC. Bambang Herimanto, MM, Drs. FX. Indrojiono, M.Hum.2005. Komunikasi Bisnis.Yogyakarta: Penerbit
Amara Books. Cetakan I.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar