Tujuan Komunikasi
Menurut
Onong Uchjana Effendi dalam buku Dimensi-dimensi Komunikasi tujuan komunikasi
adalah sebagai berikut :
1. Perubahan Sosial dan Partisipasi
Sosial
Memberikan berbagai informasi pada masyarakat maupun mendukung dan ikut
serta terhadap tujuan informasi itu disampaikan.
2. Perubahan Sikap
Kegiatan memberikan berbagai informasi pada masyarakat dengan tujuan
supaya masyarakat akan berubah sikapnya.
3. Perubahan Pendapat
Memberikan berbagai informasi pada masyarakat tujuan akhirnya supaya
masyarakat mau berubah pendapat dan presepsinya terhadap tujuan informasi itu
disampaikan.
4. Perubahan Perilaku
Kegiatan memberikan berbagai informasi pada masyarakat dengan tujuan
supaya masyarakat akan berubah perilakunya.
Komponen-komponen Komunikasi
1. Komunikator
Untuk melaksanakan komunikasi efektif terdapat dua faktor penting dari
komunikator, yaitu kredibilitas komunikator dan daya tarik komunikator.
2. Pesan
Merupakan materi atau bentuk fisik dari ide atau informasi yang
disampaikan kepada komunikan. Dari pesan yang dikirimkan ini seorang
komunikator menghendaki bagaimana reaksi dari komunikan dan apa umpan baliknya.
3. Saluran
Sarana tempat berlalunya pesan dari pengirim dengan sipenerima. Saluran
tersebut adalah pendengaran, untuk berlalunya pesan yang berupa suara,
penglihatan untuk pesan yang berupa sinar, penciuman untuk berlalunya pesan
yang bau-bauan, rabaan untuk pesan yang berupa rangsang rabaan, dll.
4. Komunikan
Yang menganalisis dan
menginterpretasikan isi pesan yang diterimanya.
5. Efek (umpan balik)
Dampak atau akibat dari pesan yang diperkirakan akan terjadi dan
menimbulkan efek atau pengaruh tertentu (opini, persepsi dan citra) dari
komunikan.
Sumber
Drs.
PC. Bambang Herimanto, MM, Drs. FX. Indrojiono, M.Hum.2005. Komunikasi Bisnis.Yogyakarta: Penerbit
Amara Books. Cetakan I.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar