Kamis, 29 Maret 2018

Latar Belakang dan Peranan Komunikasi dalam Dunia Bisnis 2


Tujuan Komunikasi
Menurut Onong Uchjana Effendi dalam buku Dimensi-dimensi Komunikasi tujuan komunikasi adalah sebagai berikut :
1.      Perubahan Sosial dan Partisipasi Sosial
Memberikan berbagai informasi pada masyarakat maupun mendukung dan ikut serta terhadap tujuan informasi itu disampaikan.
2.      Perubahan Sikap
Kegiatan memberikan berbagai informasi pada masyarakat dengan tujuan supaya masyarakat akan berubah sikapnya.
3.      Perubahan Pendapat
Memberikan berbagai informasi pada masyarakat tujuan akhirnya supaya masyarakat mau berubah pendapat dan presepsinya terhadap tujuan informasi itu disampaikan.
4.      Perubahan Perilaku
Kegiatan memberikan berbagai informasi pada masyarakat dengan tujuan supaya masyarakat akan berubah perilakunya.
Komponen-komponen Komunikasi
1.      Komunikator
Untuk melaksanakan komunikasi efektif terdapat dua faktor penting dari komunikator, yaitu kredibilitas komunikator dan daya tarik komunikator.
2.      Pesan
Merupakan materi atau bentuk fisik dari ide atau informasi yang disampaikan kepada komunikan. Dari pesan yang dikirimkan ini seorang komunikator menghendaki bagaimana reaksi dari komunikan dan apa umpan baliknya.
3.      Saluran
Sarana tempat berlalunya pesan dari pengirim dengan sipenerima. Saluran tersebut adalah pendengaran, untuk berlalunya pesan yang berupa suara, penglihatan untuk pesan yang berupa sinar, penciuman untuk berlalunya pesan yang bau-bauan, rabaan untuk pesan yang berupa rangsang rabaan, dll.
4.      Komunikan
            Yang menganalisis dan menginterpretasikan isi pesan yang diterimanya.
5.      Efek (umpan balik)
Dampak atau akibat dari pesan yang diperkirakan akan terjadi dan menimbulkan efek atau pengaruh tertentu (opini, persepsi dan citra) dari komunikan.

Sumber
Drs. PC. Bambang Herimanto, MM, Drs. FX. Indrojiono, M.Hum.2005. Komunikasi Bisnis.Yogyakarta: Penerbit Amara Books. Cetakan I.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar