1. Sumber
Sebagai salah satu unsur dalam unsur-unsur komunikasi adalah dasar yang
digunakan dalam penyampaian pesan dan digunakan dalam rangka memperkuat pesan
yang hendak disampaikan. Sumber sebagai salah satu unsur dalam unsur-unsur
komunikasi dapat berwujud dalam berbagai bentuk. Sumber dapat berupa orang,
lembaga, buku, dokumen, dan lain sebagainya.
2. Komunikator
Komunikator juga harus bisa menentukan media yang akan digunakan untuk
melakukan Komunikator sebagai salah satu unsur dari unsur-unsur komunikasi
dapat dipahami sebagai orang yang membawa dan menyampaikan pesan. Dalam
komunikasi, komunikator memiliki peranan yang sangat penting untuk menentukan
keberhasilan dalam memengaruhi komunikan (penerima pesan). Komunikator harus
memiliki ketrampilan untuk memilih sasaran dan menentukan tanggapan yang hendak
dicapai. Sebelum melakukan proses komunikasi, komunikator harus memperhitungkan
apakah komunikan mampu menangkap pesan yang disampaikannya. persuasi sehingga
lebih efisien dalam mencapai sasaran.
3. Pesan
Unsur-unsur komunikasi yang ketiga adalah pesan. Pesan sebagai salah satu
unsur dalam unsur-unsur komunikasi dapat dipahami sebagai materi yang diberikan
oleh komunikator kepada komunikan. Pesan dapat disampaikan oleh komunikator
dalam berbagai cara, misalnya saja melalui kata-kata, nada suara, hingga gerak
tubuh dan ekspresi wajah.
4. Channel atau Saluran
Channel merupakan unsur-unsur komunikasi yang selanjutnya. Channel
merupakan saluran penyampaian pesan atau sering juga disebut dengan media
komunikasi. Media komunikasi dapat dibagi ke dalam dua kategori, yakni media
komunikasi personal dan media komunikasi massa. Media komunikasi personal
digunakan oleh dua orang atau lebih untuk saling berhubungan. Sifat dari media
komunikasi ini pribadi, sehingga dampaknya tidak bisa dirasakan oleh orang
banyak. Contoh dari media komunikasi personal adalah telepon, aplikasi chatting (whatsapp, line, BBM), dan
juga Skype.
Media komunikasi yang kedua adalah media komunikasi massa. Media
komunikasi ini digunakan untuk mengkomunikasikan pesan dari satu atau beberapa
orang kepada khalayak ramai. Karena sifatnya yang masif, maka media komunikasi
massa dapat memiliki dampak yang besar bagi banyak orang. Contoh media
komunikasi massa adalah televisi, radio, hingga yang terbaru adalah media
sosial (instagram, twitter, youtube).
5. Komunikasi
Unsur-unsur komunikasi yang selanjutnya adalah komunikasi itu sendiri.
Komunikasi sebagai salah satu unsur dalam unsur-unsur komunikasi dapat dibedakan
dalam berbagai macam kategori, mulai dari segi sifatnya, arahnya, hingga jumlah
orang yang terlibat di dalamnya. Unsur-unsur komunikasi ini umumnya dibedakan
berdasarkan kategori sifat, yakni dikelompokkan ke dalam dua kategori, yaitu
komunikasi verbal dan komunikasi non verbal.
6. Efek
Unsur-unsur komunikasi yang selanjutnya adalah efek.
Efek merupakan unsur-unsur komunikasi yang memiliki definisi hasil akhir dari
suatu komunikasi. Efek komunikasi dapat beraneka macam dan dapat dilihat dalam
tiga kategori:
a.
Personal opinion
Personal opinion adalah sikap dan pendapat seseorang
pada suatu masalah tertentu
b.
Publik opinion
Public opinion merupakan penilaian sosial mengenai
suatu hal berdasarkan proses
pertukaran pikiran.
c. Majority opinion
Majority opinion dapat dipahami sebagai pendapat yang
disetujui oleh sebagian
besar publik atau masyarakat.
7. Faktor yang Diperhatikan dalam Proses
Komunikasi
Lingkungan atau situasi ialah faktor-faktor tertentu
yang dapat mempengaruhi jalannya komunikasi. Faktor ini dapat digolongkan atas
empat macam, yakni lingkungan fisik, lingkungan sosial budaya, lingkungan
psikologis dan dimensi waktu. Lingkungan fisik menunjukkan bahwa suatu proses
komunikasi hanya bisa terjadi kalau tidak terdapat rintangan fisik, misalnya
geografis. Komunikasi sering kali sulit dilakukan karena faktor jarak yang
begitu jauh, dimana tidak tersedia fasilitas komunikasi seperti telepon, kantor
pos atau jalan raya.
Lingkungan sosial menunjukkan faktor sosial budaya,
ekonomi dan politik yang bisa menjadi kendala terjadinya komunikasi, misalnya
kesamaan bahasa, kepercayaan, adat istiadat dan status sosial. Dimensi
psikologis merupakan pertimbangan kejiwaan yang digunakan dalam berkomunikasi,
misalnya menghindari kritik yang menyinggung perasaan orang lain, menyajikan
materi yang sesuai dengan usia khalayak.
Sumber
http://www.irmanfsp.com/2015/12/unsur-unsur-komunikasi-yang-harus-anda.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar