Penerapan Komunikasi dalam Dunia
Bisnis
Suatu
perusahaan hanya akan merealisasi tujuannya jika setiap petugas bekerja secara
efesien dan ada kerjasama antara petugas yang satu dengan yang lain.salah satu
factor yang memungkinkan terjadinya disebutkan adanya hubungan yang baik antara
pimpinan dengan bawahan. Agar terdapat suatu hubungan yang baik antara atasan
dengan bawahan maka dalam kedua cara berkomunikasi itu pimpinan haruslah tetap
memelihara sikap baik antara pemberi warta dengan orang yang menerima warta.
Komunikasi secara garis besarnya dibedakan atas dua macam cara yaitu komunikasi
kedalam dan komunikasi keluar.
Komunikasi yang dilakukan hanya satu arah adalah hal yang amat tercela. Dalam kegiatan – kegiatan penerangan, propagandaan, penyampaian intruksi, perintah atau pemberitahuan lainnya itu hendaknya oleh pimpinan harus digunakan sistem komunikasi yang cocok. Untuk mengetahui lebih lanjut perlu kiranya diterangkan terlebih dahulu tentang proses komunikasi. Proses itu meliputi unsur sebagai berikut:
Komunikasi yang dilakukan hanya satu arah adalah hal yang amat tercela. Dalam kegiatan – kegiatan penerangan, propagandaan, penyampaian intruksi, perintah atau pemberitahuan lainnya itu hendaknya oleh pimpinan harus digunakan sistem komunikasi yang cocok. Untuk mengetahui lebih lanjut perlu kiranya diterangkan terlebih dahulu tentang proses komunikasi. Proses itu meliputi unsur sebagai berikut:
·
Komunikator
·
Pesan
·
Saluran
·
Komunikan
·
Efek
Adapun komunikasi yang cocok tergantung dari:
·
Keadaan
komunikasi atau orang yang menerima pesan
ü Bila ditinjau dari sudut bahasa yang
menimbulkan masalah rintangan pemahaman
ü Dari dasar pendidikan yang
menimbulkan rintangan tingkat kecerdasan
ü Dari sudut perbedaan latar belakang
kehidupan sosial yang dapat menimbukan rintangan perbedaan golongan
ü Dari jarak yang memisahkan
komunikator dan komunikan yang menimbukan rintangan jarak
·
Adanya
saluran atau alat–alat komunikasi yang cukup
Dalam kondisi sekarang ini, saluran
komunikasi digunakan sudah sangat maju, misalnya:
ü Manusia : sebagai kurir, utusan,
pengantar pos, konsul, duta perwakilan luar negeri dan sebagainya
ü Alat – alat : seperti surat kabar,
majalah , film,satelit komunikasi dan lain – lain
Komunikasi dalam Organisasi
Ada 3
arah umum komunikasi dalam organisasi yaitu:
o
Komunikasi
vertikal dari atas ke bawah
o Komunikasi
vertikal dari bawah ke atas
o
Komunikasi
horisontal
Seperti
diketahui bahwa organisasi tidak hidup menyendiri terpisah dari lingkungannya.
Oleh karena itu muncul bentuk komunikasi lain, yaitu komunikasi luar.
Komunikasi vertikal dari atas ke bawah terjadi misalnya dalam menetapkan jobs
instruction, yaitu pelaksanaan perintah–perintah pekerjaan dan memberi
penjelasan tentang kebiasaan.
Sedangkan komunikasi dari bawah ke atas dapat berupa usulan dari bawahan. Komunikasi horisontal dapat terjadi antara karyawan atau pejabat setingkat yang dapat terjadi seperti dalam konferensi, ceramah dan pertemuan informal. Funsi komunikasi dalam organisasi ini adalah:
Sedangkan komunikasi dari bawah ke atas dapat berupa usulan dari bawahan. Komunikasi horisontal dapat terjadi antara karyawan atau pejabat setingkat yang dapat terjadi seperti dalam konferensi, ceramah dan pertemuan informal. Funsi komunikasi dalam organisasi ini adalah:
· Fungsi
integratif yaitu bertujuan untuk menjaga kesatuan individu serta bagian–bagian
dalam organisasi.
· Fungsi
interaktif yaitu menjaga pertukaran informasi pendapat dan sikap agar individu
dapat mengadakan penyesuaian baik antar sub sistem dalam organisasi ataupun
dengan dunia lainnya.
Teknik Komunikasi Bisnis
Banyak
cara dapat dilakukan dalam komunikasi bisnis, antara lain:
· Mencetak
Buletin
Diterbitkan secara teratur, yang memuat informasi tentang perusahaan tentang produk baru yang sedang dikerjakan ataupun kerangka – kerangka ilmiah.
Diterbitkan secara teratur, yang memuat informasi tentang perusahaan tentang produk baru yang sedang dikerjakan ataupun kerangka – kerangka ilmiah.
· Membuat Film Dokumenter
Perusahaan dapat membuat film dokumenter, misalnya menyangkut proses produksi kemudian disiarkan oleh televisi dalam bentuk berita pembangunan.
Perusahaan dapat membuat film dokumenter, misalnya menyangkut proses produksi kemudian disiarkan oleh televisi dalam bentuk berita pembangunan.
· Publicity
Pimpinan perusahaan dapat mengundang para wartawan datang ke lokasi perusahaan, kemudian mengadakan wawancara tentang segala sesuatu mengenai perusahaan.
Pimpinan perusahaan dapat mengundang para wartawan datang ke lokasi perusahaan, kemudian mengadakan wawancara tentang segala sesuatu mengenai perusahaan.
· Promosi
Teknik komunikasi yang paling banyak digunakan dalam bisnis adalah apa yang tercakup dalam kegiatan promosi. Promosi berarti semua usaha bertujuan meningkatkan penjualan, termasuk kedalamnya personal selling, advertising, publicity, dan sales promotion.
Teknik komunikasi yang paling banyak digunakan dalam bisnis adalah apa yang tercakup dalam kegiatan promosi. Promosi berarti semua usaha bertujuan meningkatkan penjualan, termasuk kedalamnya personal selling, advertising, publicity, dan sales promotion.
Komunikasi
persuasif menimbulkan dampak yang lebih tinggi kadarnya dibandingkan dengan
komunikator informatif yaitu dampak kognitif, dampak afektif, dan dampak
behavior. Agar komunikasi persuatif itu mencapai tujuan dan sasarannya maka
perlu dilakukan perencanaan yang matang. Bagi seorang komunikator, suatu pesan
yang akan dikomunikasikan sudah jelas isinya, tetapi yang perlu dijadikan
pemikiran ialah pengelolaan pesan. Pesn harus ditata sesuai dengan diri
komunikan yang dijadikan sasaran. Sehubungan dengan proses komunikais persuatif
itu berikut ini adalah teknik–teknik yang dipilihnya, antara lain:
·
Teknik
Asosiasi
Adalah penyajian pesan komunikasi dengan cara menumpangkannya pada suatu objek yang sedang menarik perhatian khalayak.
Adalah penyajian pesan komunikasi dengan cara menumpangkannya pada suatu objek yang sedang menarik perhatian khalayak.
· Teknik Integrasi
Yaitu kemampuan komunikator untuk menyatukan diri secara komunikatif dengan komunikan.
Yaitu kemampuan komunikator untuk menyatukan diri secara komunikatif dengan komunikan.
· Teknik Ganjaran
Adalah kegiatan untuk mempengaruhi orang lain dengan cara mengiming – iming hal yang menguntungkan atau yang menjadikan harapan.
Adalah kegiatan untuk mempengaruhi orang lain dengan cara mengiming – iming hal yang menguntungkan atau yang menjadikan harapan.
Iklan sebagai Media Komunikasi Bisnis
Setiap
orang terjun dalam dunia usaha pasti memilih tujan dan motivasinya masing –
masing. Untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, pengusaha
harus dapat menjual hasil produksi perusahaannya. Untuk dapat menjual hasil produksinya
secara luas kepada masyarakat konsumen yang tidak terbatas setiap pengusaha
tentu berusaha mempengaruhi jumlah permintaan akan barang – barang hasil
produksi perusahaannya dengan memanfaatkan faktor – faktor marketik mix yang
harus dikuasai setiap pengusaha meliputi unsur – unsur:
·
Perencanaan
Produksi
·
Penentuan Merek Dagang
·
Penentuan
Bentuk Kemasan
·
Kebijaksanaan Harga
·
Penyusunan Saluran Penjualan
·
Penjualan Secara Pribadi
·
Periklanan dan Promosi
Disni
terdapat unsur – unsur iklan yaitu:
·
Informasi dan Persuasi
·
Informasi Dikontrol
Unsur
komunikasi sebagai alat salah satu unsur penting dalam pemasaran mempunyai
beberapa kegiatan, misalnya :
·
Personnal Selling
Sebagai metode penjualan
yang dilakukan dengan bertatap muka antara
penjual dengan pembeli
tanpa memerlukan media
·
Sales Promotion
Komunikasi pemasaran yang bentuknya
sebagai kegiatan penjualan dengan memberikan
ganjaran kepada konsumen sehingga
dalam waktu ringkas barang sudah terjual
·
Publisitas
Suatu kegiatan komunikasi pemasaran yang tidak memperkenalkan produk tetapi
Suatu kegiatan komunikasi pemasaran yang tidak memperkenalkan produk tetapi
organisasi pembuatnya.
·
Iklan
Merupakan salah satu teknik komunikasi sebagai unsur pemasaran.
Merupakan salah satu teknik komunikasi sebagai unsur pemasaran.
Sumber
www. Google.com ( E – Learnig Gunadarma )
http://dian-novita-dian.blogspot.co.id/2010/04/bab-vii-komunikasi-dalam-bisnis.html
www. Google.com ( E – Learnig Gunadarma )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar