Kamis, 29 Maret 2018

Komunikasi dalam Bisnis

Penerapan Komunikasi dalam Dunia Bisnis
Suatu perusahaan hanya akan merealisasi tujuannya jika setiap petugas bekerja secara efesien dan ada kerjasama antara petugas yang satu dengan yang lain.salah satu factor yang memungkinkan terjadinya disebutkan adanya hubungan yang baik antara pimpinan dengan bawahan. Agar terdapat suatu hubungan yang baik antara atasan dengan bawahan maka dalam kedua cara berkomunikasi itu pimpinan haruslah tetap memelihara sikap baik antara pemberi warta dengan orang yang menerima warta. Komunikasi secara garis besarnya dibedakan atas dua macam cara yaitu komunikasi kedalam dan komunikasi keluar.
Komunikasi yang dilakukan hanya satu arah adalah hal yang amat tercela. Dalam kegiatan – kegiatan penerangan, propagandaan, penyampaian intruksi, perintah atau pemberitahuan lainnya itu hendaknya oleh pimpinan harus digunakan sistem komunikasi yang cocok. Untuk mengetahui lebih lanjut perlu kiranya diterangkan terlebih dahulu tentang proses komunikasi. Proses itu meliputi unsur sebagai berikut:
·         Komunikator
·          Pesan
·          Saluran
·          Komunikan
·          Efek
 Adapun komunikasi yang cocok tergantung dari:
·         Keadaan komunikasi atau orang yang menerima pesan
ü  Bila ditinjau dari sudut bahasa yang menimbulkan masalah rintangan pemahaman
ü  Dari dasar pendidikan yang menimbulkan rintangan tingkat kecerdasan
ü  Dari sudut perbedaan latar belakang kehidupan sosial yang dapat menimbukan rintangan perbedaan golongan
ü  Dari jarak yang memisahkan komunikator dan komunikan yang menimbukan rintangan jarak
·         Adanya saluran atau alat–alat komunikasi yang cukup                                             
Dalam kondisi sekarang ini, saluran komunikasi digunakan sudah sangat maju, misalnya:
ü  Manusia : sebagai kurir, utusan, pengantar pos, konsul, duta perwakilan luar negeri dan sebagainya
ü  Alat – alat : seperti surat kabar, majalah , film,satelit komunikasi dan lain – lain
Komunikasi dalam Organisasi
Ada 3 arah umum komunikasi dalam organisasi yaitu:
o   Komunikasi vertikal dari atas ke bawah
o  Komunikasi vertikal dari bawah ke atas
o   Komunikasi horisontal
Seperti diketahui bahwa organisasi tidak hidup menyendiri terpisah dari lingkungannya. Oleh karena itu muncul bentuk komunikasi lain, yaitu komunikasi luar. Komunikasi vertikal dari atas ke bawah terjadi misalnya dalam menetapkan jobs instruction, yaitu pelaksanaan perintah–perintah pekerjaan dan memberi penjelasan tentang kebiasaan.
Sedangkan komunikasi dari bawah ke atas dapat berupa usulan dari bawahan. Komunikasi horisontal dapat terjadi antara karyawan atau pejabat setingkat yang dapat terjadi seperti dalam konferensi, ceramah dan pertemuan informal. Funsi komunikasi dalam organisasi ini adalah
:
·        Fungsi integratif yaitu bertujuan untuk menjaga kesatuan individu serta bagian–bagian dalam organisasi.
·        Fungsi interaktif yaitu menjaga pertukaran informasi pendapat dan sikap agar individu dapat mengadakan penyesuaian baik antar sub sistem dalam organisasi ataupun dengan dunia lainnya.
Teknik Komunikasi Bisnis
Banyak cara dapat dilakukan dalam komunikasi bisnis, antara lain:
·       Mencetak Buletin
Diterbitkan secara teratur, yang memuat informasi tentang perusahaan tentang produk baru yang sedang dikerjakan ataupun kerangka – kerangka ilmiah.
·        Membuat Film Dokumenter
Perusahaan dapat membuat film dokumenter, misalnya menyangkut proses produksi kemudian disiarkan oleh televisi dalam bentuk berita pembangunan.
·       Publicity
Pimpinan perusahaan dapat mengundang para wartawan datang ke lokasi perusahaan, kemudian mengadakan wawancara tentang segala sesuatu mengenai perusahaan.
·        Promosi
Teknik komunikasi yang paling banyak digunakan dalam bisnis adalah apa yang tercakup dalam kegiatan promosi. Promosi berarti semua usaha bertujuan meningkatkan penjualan, termasuk kedalamnya personal selling, advertising, publicity, dan sales promotion
.
Komunikasi persuasif menimbulkan dampak yang lebih tinggi kadarnya dibandingkan dengan komunikator informatif yaitu dampak kognitif, dampak afektif, dan dampak behavior. Agar komunikasi persuatif itu mencapai tujuan dan sasarannya maka perlu dilakukan perencanaan yang matang. Bagi seorang komunikator, suatu pesan yang akan dikomunikasikan sudah jelas isinya, tetapi yang perlu dijadikan pemikiran ialah pengelolaan pesan. Pesn harus ditata sesuai dengan diri komunikan yang dijadikan sasaran. Sehubungan dengan proses komunikais persuatif itu berikut ini adalah teknik–teknik yang dipilihnya, antara lain:
·         Teknik Asosiasi
 Adalah penyajian pesan komunikasi dengan cara menumpangkannya pada suatu objek yang sedang menarik perhatian khalayak.
·        Teknik Integrasi
Yaitu kemampuan komunikator untuk menyatukan diri secara komunikatif dengan komunikan.
·       Teknik Ganjaran
Adalah kegiatan untuk mempengaruhi orang lain dengan cara mengiming – iming hal yang menguntungkan atau yang menjadikan harapan.
Iklan sebagai Media Komunikasi Bisnis
Setiap orang terjun dalam dunia usaha pasti memilih tujan dan motivasinya masing – masing. Untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, pengusaha harus dapat menjual hasil produksi perusahaannya. Untuk dapat menjual hasil produksinya secara luas kepada masyarakat konsumen yang tidak terbatas setiap pengusaha tentu berusaha mempengaruhi jumlah permintaan akan barang – barang hasil produksi perusahaannya dengan memanfaatkan faktor – faktor marketik mix yang harus dikuasai setiap pengusaha meliputi unsur – unsur:
·         Perencanaan Produksi
·          Penentuan Merek Dagang
·         Penentuan Bentuk Kemasan
·          Kebijaksanaan Harga
·          Penyusunan Saluran Penjualan
·          Penjualan Secara Pribadi
·          Periklanan dan Promosi
Disni terdapat unsur – unsur iklan yaitu:
·          Informasi dan Persuasi
·          Informasi Dikontrol
Unsur komunikasi sebagai alat salah satu unsur penting dalam pemasaran mempunyai beberapa kegiatan, misalnya :
·          Personnal Selling
                    Sebagai metode penjualan yang dilakukan dengan bertatap muka antara
                    penjual dengan pembeli tanpa memerlukan media
·          Sales Promotion
  Komunikasi pemasaran yang bentuknya sebagai kegiatan penjualan dengan memberikan
  ganjaran kepada konsumen sehingga dalam waktu ringkas barang sudah terjual
·          Publisitas
 Suatu kegiatan komunikasi pemasaran yang tidak memperkenalkan produk tetapi
       organisasi pembuatnya.
·         Iklan
 Merupakan salah satu teknik komunikasi sebagai unsur pemasaran
.

Sumber
www. Google.com ( E – Learnig Gunadarma )
http://dian-novita-dian.blogspot.co.id/2010/04/bab-vii-komunikasi-dalam-bisnis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar